Rabu, 18 April 2012

Laporan Hasil Kegiatan Bursa Kerja Khusus Online



Ass.Wr.Wb

Yth
Hj. Rita Aryani, MM. KABID SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Yth

Dr. Ir. Dwi Untoro P.H., M.A. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja

Dan YTc
Bapak MP Manik Penasehat - Pendiri AP BKK
Serta seluruh Pengurus AP BKK DKI Jakarta

Salam dan Bahagia,

Marilah kita bersama, mengucapakan Puji dan Syukur kehadirat Ilahi Robbi, yang telah memberikan kita semua kesehatan sehingga kita dapat bersama kembali dalam silahturahmi di tempat yang berbahagia ini.

Pertama-tama, ijinkanlah saya berdiri disini mewakili AP BKK DKi Jakarta untuk melaporkan hasil kegiatan Sosialisasi dan Workshop BKK OnLine yang telah diselenggarakan berdasarkan Surat Undangan Wakil Kepala Dinas  di PAZIA Lt 3 Plaza Indonesia, pada tanggal 11 sampai dengan 15 April 2011 untuk BKK SMK se DKI Jakarta.

Kedua, ijinkan pula saya untuk bercerita sedikit latar belakang APBKK dengan BKK Online-nya.

Era globalisasi mengharuskan setiap komponen dari masyarakat untuk berpacu, meningkatkan kompetensi sehingga mampu menjawab tantangan zaman. Begitu juga halnya dengan Asosiasi Profesi Bursa Kerja Khusus (AP.BKK) DKI Jakarta sebagai sebuah lembaga berkumpulnya para profesional dibidang ketenagakerjaan, khususnya untuk tamatan SMK melalui BKK sekolah yang mencetak generasi penerus bangsa, agen pembangunan, sudah semestinya turut bertanggung jawab secara penuh dan terarah untuk mengembangkan kemampuan tamatannya agar mampu bersaing, termasuk di dalamnya kemampuan untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia karir yang diminatinya. Banyak tantangan yang akan dihadapi dalam menentukan karir, diantaranya adalah ketidak pastian karir, pengaksesan informasi dan program pengembangan karir serta tantangan ekonomi dan perkembangan teknologi.


Untuk mengantisipasi tantangan-tantangan ini, Asosiasi Profesi Bursa Kerja Khusus DKI Jakarta (AP.BKK.DKI Jakarta) yang didirikan pada tahun 1999, berupaya memberikan pelayanan yang optimal terhadap BKK sekolah (anggota), pemerintah dan DUDI sehingga diharapkan dapat menjadi solusi bagi anggota dalam menghadapi semakin ketatnya persaingan lowongan pekerjaan saat ini.

Dalam menjalankan fungsinya, Asosiasi Profesi Bursa Kerja Khusus DKI Jakarta dengan fungsi utamanya menjembatani antara Dunia Usaha dan Indusrti dengan Sekolah sekaligus menjembatani kebijakan-kebijkan baik dari Kemendiknas maupun  Kemenakertrans, serta memberikan perlindungan (advokasi) bagi anggota-anggotanya yaitu BKK disekolah.
 
Melalui Visinya AP BKK DKI Jakarta yaitu BERKARYA dan BERMARTABAT, mencoba terus berjuang melalui kekuatan dirinya dalam ikut meminimalisir 3 masalah utama bangsa, terutama Pengangguran dan Kemiskinan.

TUPOKSI AP.BKK DKI Jakarta
  1. Mengkoordinasikan Survey tentang Tamatan (Tracer Study) SMK Prop.DKI Jakarta
  2. Memberikan layanan informasi tentang lowongan/kesempatan kerja,
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bursa kerja khusus di sekolah-sekolah dan bertindak sebagai Job Placement Centre
Program
a. Pusat Jasa Kerja (PJK)
  Program Utama :
  1. Pembinaan soft skills  siswa
  2. Memperbanyak kerja sama dengan instansi pemerintah maupun perusahaan swasta dalam penyerapan lulusan.
  3. Pembinaan lulusan menjadi wirausahawan melalui berbagai pola kemitraan usaha
Penyebaran Informasi Lowongan Kerja- Pembekalan Karir Bagi siswa - Stadium Generale Pembekalan Memasuki Dunia Kerja- Pelatihan Kewirausahaan- Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja - Konsultasi Karir - Pelaksanaan Magang – dan  Presentasi Perusahaan menjadi pokok kegiatannya

b. Bursa Kerja Khusus Online (Informasi BKK OL)
Berawal dari, bimtek tingkat nasional yang diberikan oleh Departemen Tenaga kerja, tahun 2000 di Hotel Mars, Cisarua Bogor, yang dihadiri oleh SMK dan Lembaga Pendidikan Ketrampilan se JABODETABEK, dengan melihat Peluang dan Hambatan yang ada, Kami (APBKK DKI Jakarta) mencoba mengajukan permohonan untuk membuat BKK OnLine. Namun karena suatu dan lain hal, ini belum terwujud, solusinya oleh Dinas DIKMENTi (saat itu) melalui program yang lebih ringkas yaitu COBER (penelusuran tamatan melalui adik kelas).
Berjalan dengan makin meningkatnya tantangan dan hambatan, tahun 2009 kembali kami ditemukan oleh seorang Staf Ahli PUSTEKKOM (Dr. Michele Sunggiardi serta dibantu oleh rekan-rekan di POLITEKNIK Bandung (POLBAN), kami kembali mencoba untuk meminimalisir Hambatan dan Tantangan menjadi Peluang Penelusuran Tamatan di SMK DKI Jakarta. Dan pada bulan Agustus 2010, di Cisarua Bogor, kami dapat dukungan dari kedua belah pihakyaitu Dinas Nakertrans diwakili oleh Hj. Dra. Kartini, MSi, dan Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Hj. Rita Aryani MM untuk melaksanakan penelusuran tamatan melalui program one down to up (ISCO/KJSI),yang kemudian dilanjutkan dengan Softlounching BKK OnLine di SMK 34 Jakarta Pusat.
Pada tanggal 11 s.d 15 April 2011, dengan seijin WAKADIS Pendidikan Prof.Dr.H.Agus Suradika, kami melaksanakan sosialisai BKK OnLine untuk 5 wilayah Kodya Prop.DKI Jakarta dengan diikuti oleh :
Kasi SMK Sudin DIMEN Jakarta Pusat, Utara, Timur, Selatan dan Barat.
Jakarta Pusat :     dihadiri oleh 16 pengurus BKK dari 12 sekolah SMK Negeri maupun Swasta
Jakarta Utara :     dihadiri oleh 13 pengurus BKK dari 9 sekolah SMK Negeri maupun Swasta
Jakarta timur :     dihadiri oleh 17 pengurus BKK dari 13 sekolah SMK Negeri maupun Swasta
Jakarta Selatan :  dihadiri oleh 12 pengurus BKK dari 10 sekolah SMK Negeri maupun Swasta, dan
Jakarta Barat :      dihadiri oleh 22 pengurus BKK dari 16 sekolah SMK Negeri maupun Swasta

Dari undangan 100 SMK Negeri dan Swasta se DKI Jakarta hadir 60 BKK SMK, hal ini dikarenakan sekolah sedang sibuk menyiapkan UN. Dan dari yang hadir, terdapat 21 BKK Sekolah yang telah mengumpulkan DataBase siswa yang kemudian akan di olah menjadi Data Lamaran atau Pencari Kerja (PENCAKER). Hamabatan yang berikutnya dikarenakan kebanyakan sekolah dalam mendata siswanya belum mengikuti kaedah-kaedah database yaitu peng-kode an yang berstandar Nasional bahkan internasional, baik kode wilayah maupun kode spektrum ataupun kompetensi. Untuk itu, diharapkan kedepan kami akan mensosialisasikan kembali kodefikasi yang berstandart.
Selanjutnya, PR besar bagi AP BKK adalah mengolah database siswa menjadi Pencari Kerja/Lamaran dan DataBase DUDI menjadi Lowongan, yang kemudian secara otomatisasi akan diolah menjadi data Keterserapan Tamatan per BKK Sekolah, per Wilayah Kabupaten/Kota, sampai dengan per Propinsi.

Program Utama BKK OnLine
  1. Mendata kompetensi SDM yang dibutuhkan pasar kerja
  2. Sosialisasi Bursa Kerja kepada BKK sekolah sebagai sumber pencari kerja dan kepada Dunia Usaha Dunia Industri sebagai sumber Pemberi Kerja

Program Rutin
  1. Menghimpun Database Tamatan
  2. Menyusun data tamatan, menjadi informasi lamaran atau memasuki pasar kerja
  3. Menghimpun Database Dunia Usaha dan Industri
  4. Menyusun data DUDI, menjadi informasi lowongan atau peluang kerja
  5. Memberi Laporan Keterserapan secara otomatis (dengan syarat update data baik) kepada :
·        BKK Sekolah setiap bulannya,.
·        Sudin Nakertrans dan Sudin Dikmen di 5 Wilayah DKI Jakarta, per 3 bulan
·        Dinas Nakertrans dan Dinas Pendidikan, per 6 bulan dan
·        Kemendiknas dan Kemenakertrans, per tahun (awal tahun perhitungan bulan Mei).
Yang Terakhir, kami menyadari bahwa hasil akhir keterbukaan data keterserapan adalah jumlah pengangguran yang terkini dan terpercaya. Yang terjadi adalah jumlah kesempatan/lowongan pekerjaan lebih kecil dibanding jumlah persediaan tenaga kerja. Maka melalui pesan Bapak Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs H Muhaimin Iskandar MSi, bahwa masíh terdapat 133.179 orang ditambah ratusan pencari kerja baru di Prop.DKI Jakarta pada 2011 yang harus diperhatikan untuk dibukakan peluang seluas-luasnya mendapatkan pekerjaan, hal ini dapat ditangani salah satunya melalui Program Wirausaha Baru. Beliau mengatakan,” idealnya dalam suatu negara jumlah wirausaha mencapai 2 persen dari seluruh penduduk. Ini berarti kita harusnya memiliki 4,4 juta wirausaha. Tapi kenyataannya kita hanya memiliki 400 ribu orang wirausaha. Kita masih butuh 4 juta wirausaha lagi.” Maka AP BKK bersama Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia; Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dan Universita CIPUTRA serta Kementrian yang terkait, akan menyelenggarakan “JAKARTA ENTREPRENEURSHIP COMPETITION” pada bulan Mei mendatang dalam event Kebangkitan Pendidikan Nasional. Do’a dan Sumbangsih Bapak – Ibu tercinta atas dukungan pada acara berikutnya, kami harapkan.
Dan tak Lupa kami ucapkan Terimakasih, atas semua yang telah diberikan demi terselenggaranya Workshop dan Sosialisasi BKK Online, Kepada :
  1. MP.Manik, Penasehat dan Pendiri AP.BKK DKI Jakarta
  2. Dinas Pendidikan Prop.DKI Jakarta, wabil khusus Kepada WAKADIS dan KABID SMK (Hj. Rita Aryani, MM)
  3. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prop.DKI Jakarta, khususnya kepada Hj. Kartini, MSi dan Dr. Ir. Dwi Untoro P.H., M.A.
  4. PUSTEKKOM, khususnya Dr. Michele Sunggiardi
  5. POLITEKNIK BANDUNG, Ir. Amir Mulia
  6. PAZIA dan APKOMINDO
  7. Gatra dilatih, sebagai penyelenggara,
  8. Serta seluruh rekan-rekan Pengurus Asosiasi Profesi Bursa Kerja Khusus,
Yang telah berbuat dan bekerja bersama mensukseskan acara ini.
Dan Terimakasih pula Kepada SMKN 34 dan SMKN 38 yang menjadi tuan rumah pada saat pembukaan dan penutupan kali ini.
Tiada yang sempurna, selain Beliau Ilahi Robbi. Kesalahan dan kekurangan kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya, dan semoga akan menjadi catatan kami untuk dapat melakukan kedepan yang lebih baik lagi.

Akhirul kallam, Ass.Wr.Wab.
Salam.
Ka.Umum Ap.BKK
Ki.Ruky Dwinarputra

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar