Kamis, 07 Oktober 2010

MANJEMEN SEKOLAH

Manajemen sekolah menjalankan berbagai rencana pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran, dengan maksud untuk mewujudkan berbagai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh manajemen pendidikan.
1.       MANAJEMEN KESISWAAN
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
2.       MANAJEMEN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN 
 Merumuskan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan, mengembangkan dan memberdayakan tenaga pendidik dan kependidikan untuk memperoleh nilai maslahat optimal bagi individu tenaga pendidik dan kependidikan yang bersangkutan, sekolah dan masyarakat yang dilayaninya.
3.       MANAJEMEN SARPRA
Merencanakan kebutuhan fasilitas,; mengelola pengadaan fasilitas sesuai dengan peraturan;  mengelola pemeliharaan fasilitas, mengelola kegiatan iventaris sarana dan prasarana, mengelola kegiatan penghapusan barang inventaris.
4.       MANAJEMEN HUBUNGAN dan PERAN SERTA SEKOLAH DAN MASYARAKAT
Mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan, ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah
5.       MANAJEMEN KETATAUSAHAAN
Pelaksanaan administrasi sekolah yang meliputi antara lain administrasi standar isi, administrasi standar proses, administrasi standar pendidik dan tenaga kependidikan, administrasi standar sarana dan prasarana, dan administrasi standar pembiayaan;
6.       MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH
Kebutuhan pendanaan kegiatan sekolah dapat direncanakan, diupayakan pengadaannya, dibukukan secara transparan, dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program sekolah secara efektif dan efisien
7.       MANAJEMEN PELAYANAN KHUSUS
Manajemen layanan bimbingan konseling, layanan perpustakaan sekolah, layanan kesehatan, layanan asrama, dan manajemen layanan kafetaria/kantin sekolah
8.       MANAJEMEN PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI
Arah pengembangan KTSP; Seluk beluk KTSP; Merencanakan program dan metode pembelajaran serta pemberdayaan sumber belajar; Memonitoring dan menilai KTSP.
(SUMBER : DIREKTORAT TENAGA KEPENDIDIKAN - DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL - TAHUN 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar