Kamis, 20 Januari 2011

Software Based Assessment M_PUKK

Oleh : Ki. Ruky Dwinarputra

ToT : Software Based Assessment Management Skills CompetencyTest

Software Based Assessment M_PUKK
Oleh : Ki. Ruky Dwinarputra

Pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dilaksanakan sesuai amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Penilaian hasil belajar merupakan salah satu instrumen pengendalian dan sebagai salah satu mata rantai dalam proses pembelajaran, penilaian sebagaimana tertuang dalam PP nomor 19 tahun 2005 dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar.

Uji kompetensi keahlian merupakan salah satu nilai ujian nasional (gabungan nilai praktek 70% dan teori 30%) menjadi indikator yang menentukan untuk syarat kelulusan siswa SMK. Uji Kompetensi keahlian terdiri dari,
  1. Ujian Teori Kompetensi
  2. Ujian Praktik Kompetensi
Ujian Praktik Kompetensi adalah tahapan terakhir bagi siswa SMK peserta pelatihan dan merupakan tes yang dilakukan untuk memutuskan apakah peserta berhak mendapatkan Sertifikasi Kompetensi atau tidak.
Penguji/ Asesor melakukan penilaian dengan menggunakan format lembar penilaian yang telah tersedia sesuai karakteristik program keahlian dengan memberikan bobot dan skor untuk setiap komponen penilaian menggunakan format lembar penilaian;

Pengelolaan materi pertanyaan merupakan salah satu kesulitan yang dihadapi oleh Penguji/ Asesor serta Administrator/TU dalam mengumpulkan bukti-bukti, membandingkan bukti-bukti tersebut dengan standar kompetensi, dan membuat keputusan apakah seseorang telah mencapai kompetensi.
Sebagai antisipasi terjadinya hal tersebut, maka di perlukannya suatu proses awal asesmen / persipan asesmen, dimana proses awal ini adalah mempersiapkan, merencanakan, mengatur, serta melengkapi dokumen administrasi, sebelum Asesmen dilaksanakan yang di persiapkan oleh administrator (Asisten Asesor) dengan mengunakan Software Based Assessment. Software tersebut adalah suatu software pendukung yang berfungsi membantu efisiensi kinerja Administrator dan Asesor dalam mempersiapkan kelengkapan dokumentasi hinga pelaporan (sertifikasi) pelaksanaan asesmen, yang dikemas dalam satu proses elektronik documentation (e-documentation).

Sistem ini memberikan pemecahannya, karena desain database dari program ini memungkinkan administrator untuk mengelola materi pertanyaan secara lebih efektif. Oleh karena itu administrator adalah orang yang mempunyai hak akses penuh terhadap sistem ini, serta mempunyai peran untuk memfasilitasi para pengguna lainnya.

Dalam mengembangkan sistem (versi 2.0) ini digunakan perangkat lunak (tools) pembantu PHP (PHP Hypertext Preprocessor) untuk pemograman dan MYSQL untuk implementasi basis data. Pemilihan ini didasarkan karena tools tersebut open source dan mudah didapat. Sistem ini akan diinstalisasikan pada sebuah komputer server yang dapat diakses secara online. Untuk mengakses aplikasi ini dibutuhkan username dan password yang akan diberikan jika telah mendaftarkan (ke email saya : rdwinarputra@yahoo.com )sesuai format yang kami berikan pada format yang telah saya lampirkan pada email ini. Software ini sudah kami gunakan pada Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2009/2010. (versi 1.0).

Untuk meningkatan fungsi  penggunaan software ini, kami mengadakan pelatihan yang akan memberikan pemahaman tentang pelaksanaan dokumentasi Pra-Assessmen hingga proses permohonan penerbitan sertifikat melalui Software Based Assessment M_PUKK, yang nantinya akan menghasilkan seorang administrator yang handal dan trampil dalam mengaplikasikan Software tersebut dan sekaligus menjadi center-center point dalam menyebarluaskan penggunaannya di kabupaten/kota sekitar sekolah yang ditempati.

Untuk rekan rekan yang berada di sekitar (Wilayah, tersebut dibawah ini) dapat mendaftar langsung Untuk kuota ToT Software Based Assessment M_PUKK kami hanya memiliki 5 sekolah per kabupaten kota, dengan pertimbangan radius (jarak antar sekolah) dan jumlah sekolah yang ada pada satu kabupaten dan sekitarnya.
Daftar Wilayah yang akan diadakan Training of Trainers :
1.       Wilayah 1 :  Jakarta (lima wilayah Kota Madya), akan dilaksanakan tanggal  29 Januari 2011
2.       Wilayah 2 :  DEPO – BOGOR - BEKASI, akan dilaksanakan tanggal  27 Januari 2011
3.       Wilayah 3 :  BANTEN dan sekitar , akan dilaksanakan tanggal  1 Februarii 2011
4.       Wilayah 4 :  BANDUNG dan sekitarnya, akan dilaksanakan tanggal  3 Februari 2011
5.       Wilayah 5 :  Cirebon dan sekitarnya (Kab/kota cirebon; Indramayu; Kuningan; Subang), akan dilaksanakan tanggal  5 Februari 2011
Bagi Kabupaten/Kota yang menginginkan diadakan ToT Software Based Assessment M_PUKK, dapat mengajukan surat permohonan melalui rekomendasi dinas pendidikan setempat.


Demikian Kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pengendalian yang akuntabilitas penilaian dengan alat bantu (sistem M_PUKK).

Terimakasih


Salam Pendidikan Nasional
Pendidikan Tepat Guna
Catatan  :
  1. Mohon Biodata segera untuk dilengkapi.
  2. Sesuaikan Biodata Anda dengan Format yang kami berikan
  3. Beri Judul email Software Based Assessment M_PUKK dan kirim kejapri :  rdwinarputra@yahoo.com

4 komentar:

  1. Ki...kegiatan tgl 29 di Tamsis atau dimana mulai jam berapa....biayanya berapa...bolehkan saya kirim 2 kaprog

    terima kasih
    Fabian

    BalasHapus
  2. Gartissssssssssssssss

    BalasHapus
  3. ToT : Software Based Assessment Management Skills CompetencyTest .............
    G R A T I S :)
    Per wilayah (Kotamadya 5 SMK negeri/SWASTA)
    Boleh daftar nya lewat pengisian form di email.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  4. pak gimana cara mendapat sofware tersebut saya daftar juga sy dr smkn 1 rangas mamuju

    BalasHapus